29 November 2021

DINAS PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN

Pemerintah Kabupaten Pacitan

Bina Pelaku Usaha Pusat Perbelanjaan dan Toko Swalayan

 

 

Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Pacitan (Disperindag) melaksanakan kegiatan bertajuk Fasilitasi Pemenuhan Komitmen Perolehan Perizinan Pasar Rakyat, Pusat Perbelanjaan, dan Toko Swalayan Melalui Sistem Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik.

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Selasa (16/11) bertempat di Hotel Srikandi Pacitan dan dihadiri oleh 50 pelaku usaha pusat perbelanjaan dan toko swalayan se-Kabupaten Pacitan.

Ada beberapa agenda penting yang dirangkum dalam kegiatan tersebut, antara lain koordinasi dan sinkronisasi kebijakan antara pemerintah kabupaten Pacitan dengan pelaku usaha, fasilitasi perizinan berusaha secara elektronik untuk pusat perbelanjaan dan toko swalayan, serta fasilitasi penguatan kemitraan antara pelaku usaha pusat perbelanjaan dan toko swalayan dengan UMKM di Kabupaten Pacitan.

“Kegiatan ini dimaksudkan dalam rangka sinkronisasi dan koordinasi yg lebih harmonis antara pemerintah daerah dan pelaku usaha. Selain itu juga untuk memberikan wawasan terkait regulasi pusat perbelanjaan dan toko swalayan pasca diterbitkannya UU No 11 thn 2020 ttg cipta kerja. ” terang Luthfi Azza Azizah, Kepala Bidang Perdagangan Disperindag.

Pihaknya juga menekankan kepada pelaku usaha pusat perbelanjaan dan toko swalayan untuk mengawal misi Bupati dan Wakil Bupati Pacitan demi meningkatkan pertumbuhan ekonomi melalui sektor agraris, sektor pariwisata dan sektor unggulan lainnya.

“Salah satu caranya adalah adanya penguatan kemitraan antara pelaku usaha pusat perbelanjaan dan toko swalayan dengan UMKM Kabupaten Pacitan dalam rangka perluasan akses pemasaran misalnya dengan memberikan rak khusus bagi produk UMKM lokal” pungkasnya.
(Disperindag Pacitan/Diskominfo Pacitan).