29 November 2021

DINAS PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN

Pemerintah Kabupaten Pacitan

Pantau Proyek Revitalisasi Pasar Ngadirojo

Pada era globalisasi seperti sekarang ini, keberadaan pasar tradisional sebagai salah satu pusat penggerak roda perekonomian masyarakat serta tempat terjadinya interaksi sosial semakin tergerus dengan semakin menjamurnya pasar modern yang mudah, bersih dan nyaman.

Menjawab tantangan tersebut, sekaligus menjalankan tugas dan fungsinya, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Pacitan melaksanakan kegiatan revitalisasi pasar daerah di Pasar Ngadirojo. Adapun dana yang digunakan dalam kegiatan Revitalisasi Pasar bersumber dari dana tugas pembantuan Kementerian Perdagangan.

“Proyek revitalisasi pasar Ngadirojo diperkirakan selesai pembangunannya sekitar 2 pekan sebelum tahun baru, di mana pasar yang dibangun nantinya memiliki 1 lantai, dilengkapi dengan fasilitas umum,” kata Heru Sukresno, Kepala Disperindag Pacitan saat memantau proyek revitalisasi pasar Ngadirojo, Rabu (13/10).

Revitalisasi pasar diharapkan dapat semakin membangkitkan semangat masyarakat untuk berjualan dan berbelanja di pasar daerah yang memiliki bangunan yang bagus, tertata, bersih dan tentu nyaman.

Selain memantau, Disperindag juga melaksanakan monitoring harga di Pasar Ngadirojo. Disperindag memiliki tugas dan fungsi untuk mengendalikan ketersediaan bahan pokok dan bahan penting lainnya dengan jumlah yang memadai, mutu yang baik serta harga yang terjangkau.

“Dari hasil monitoring kami, harga sebagian besar kebutuhan pokok dan kebutuhan penting lainnya masih stabil, kecuali minyak yang mengalami sedikit kenaikan harga. Diperkirakan harga akan stabil sampai menjelang akhir tahun. Sekalipun ada kenaikan harga bahan pokok, tentunya akan tetap terjangkau bagi masyarakat. Selain itu akan ada pula operasi pasar maupun bazaar,” tambah Heru Sukresno.

Pihaknya juga menghimbau kepada masyarakat yang beraktivitas di pasar daerah, untuk tetap patuhi protokol kesehatan serta patuhi retribusi pasar, karena retribusi tersebut akan digunakan untuk membangun pasar yang manfaatnya bisa dirasakan bersama. (DisperindagPacitan/DiskominfoPacitan).