29 November 2021

DINAS PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN

Pemerintah Kabupaten Pacitan

Disperindag Pacitan Cek SPBU Nanggungan dan Sejumlah Pertashop

Menjalankan amanat Undang-Undang Nomor 2 Tahun 1981 tentang Metrologi Legal, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Pacitan menggelar Pelayanan Tera dan Tera Ulang UTTP di wilayah Kabupaten Pacitan.

Seperti yang dilaksanakan kemarin (13/10) di SPBU Nanggungan, acara yang dijadwalkan sejak Selasa pekan lalu (5/10) tersebut juga telah dilaksanakan di sejumlah Prestashop di Tulakan dan Tegalombo.

Setiap alat Ukur, Timbang, Takar dan Perlengkapannya (UTTP) wajib ditera ulang setiap satu tahun sekali, sehingga pelaksanaan Tera dan Tera Ulang rutin digelar untuk menjamin ketertiban dan kelayakan alat UTTP sebagai salah satu bentuk untuk melindungi konsumen.

Dalam pelaksanaannya, bukan hanya SPBU, Tera dan Tera Ulang juga dilaksanakan terhadap Timbangan Pasar, Timbangan Emas, Timbangan Jasa Pengiriman atau Ekspedisi, Prestashop, Indostation dan sebagainya. Selain melaksanakan pengecekan kondisi alat ukur, timbang dan takar, petugas juga melakukan perbaikan dan pengecatan.

Jika sebelumnya Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Pacitan bekerjasama dengan Dinas Perdagangan Kota Madiun dalam melaksanakan Tera dan Tera Ulang UTTP, kini Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Pacitan dapat menyelenggarakan kegiatan tersebut secara mandiri.

Selain Tera dan Tera Ulang yang telah dijadwalkan secara rutin oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan, petugas juga dapat melaksanakan pelayanan Tera/ Tera Ulang dari kantor Dinas.

“Karena sudah ada petugas Tera danTera Ulang yang terlatih, maka kami sudah bisa melaksanakan pelayanan secara mandiri. Silakan bagi pengusaha atau pedagang datang ke kantor kami dengan membawa alat Ukur, Timbang dan Takarnya, akan kami fasilitasi dalam pelayanan Tera/ Tera Ulang,” terang Heru Sukresno, Kepala Dinas Perindag. (Disperindag/Diskominfo).