29 November 2021

DINAS PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN

Pemerintah Kabupaten Pacitan

GIAT SOSIALISASI PERUNDANG-UNDANGAN CUKAI DI WILAYAH KABUPATEN PACITAN

 

Dinas Perindustrian dan Perdagangan bekerjasama dengan Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Madiun menyelenggarakan Sosialisasi Perundang-undangan Cukai di wilayah Kabupaten Pacitan. Sosialisasi Perundang-undangan dimulai dari hari Senin (13/9) di Kecamatan Nawangan, disusul sosialisasi di Kecamatan Donorojo (14/9), Kecamatan Tegalombo (15/9), Kecamatan Arjosari (16/9) dan masih akan dilaksanakan di beberapa wilayah tujuan selanjutnya.

Sosialisasi Perundang-undangan Cukai ini diselenggarakan untuk menekan peredaran rokok Ilegal, khususnya di wilayah Kabupaten Pacitan. Melalui sosialisasi ini diharapkan masyarakat lebih cermat dalam mengidentifikasi pita cukai di kemasan rokok. Diharapkan pula masyarakat memiliki pemahaman yang lebih baik jika menemui kasus rokok Ilegal, sehingga jika menemukan kasus tersebut dapat segera melaporkannya ke Kantor Bea da Cukai terdekat.

 

 

Ada beberapa ciri-ciri Rokok Ilegal, antara lain : rokok polos atau tanpa pita cukai, pita cukai berbeda atau tidak sesuai dengan peruntukannya, pita cukai palsu, dan pita cukai bekas. Untuk mengidenttifikasinnya adalah dengan mengecek pita cukai tersebut, yaitu:

a. Cek pita cukai, ada atau tidak;

b. Jika pita cukai ada, cek pita cukai tersebut asli atau palsu;

c. JIka pita cukai ada dan asli, cek apakah pita cukai tersebut baru atau bekas;

d. Jika pita cukai asli dan baru, cek kesesuaian kode  personalisasi sesuai dengan nama produsen rokok;

e. Cek kesesuaian peruntukan rokok,jenis rokok dan jumlah batang rokok.

 

Jika masyarakat menemukan Rokok Ilegal ini diharapkan bekerja sama dan melaporkan temuan rokok ilegal tersebut ke Kantor Bea dan Cukai terdekat.

#GempurRokok Ilegal!