29 November 2021

DINAS PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN

Pemerintah Kabupaten Pacitan

PELATIHAN TEKNIS BAGI IKM GULA DI KABUPATEN PACITAN

 

Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Pacitan menyelenggarakan Pelatihan Teknis Bagi IKM Gula di Kabupaten Pacitan pada bulan Juni Tahun 2021. Pelatihan Teknis bagi IKM Gula tersebut terbagi menjadi 2 bagian, yaitu Pelatihan Teknis  Gula Aren dan Pelatihan Teknis Gula Kelapa.

Pelatihan Teknis Gula Aren diselenggarakan pada tanggal 8 s/d 10 Juni 2021 bertempat di Desa Temon, Kecamatan Arjosari, sedangkan Pelatihan Teknis Gula Kelapa diselenggarakan pada tanggal 15 s/d 17 Juni 2021 di Desa Kalipelus, Kecamatan Arjosari.

 

Pelatihan Teknis yang diikuti oleh masyarakat dan IKM Gula, baik gula aren maupun gula kelapa ini dilaksanakan agar masyarakat mengetahui cara mengolah gula dengan benar.  Sebelum pelatihan tersebut terlaksana, tidak sedikit masyarakat yang mengolah gula kelapa dengan menggunakan sabun, padahal cara tersebut kurang tepat karena dapat mengakibatkan kegagalan produk gula yang diolah. Selain itu, pengolahan gula kelapa menggunakan sabun dapat menyebabkan  efek yang tidak baik bagi kesehatan. Oleh karena itu, dengan adanya Pelatihan Teknis IKM Gula diharapkan dapat memberikan wawasan bagi para pengolah gula agar dapat mengolah gula dengan cara yang baik dan benar serta bisa bersaing di pasaran.