29 November 2021

DINAS PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN

Pemerintah Kabupaten Pacitan

DISPERINDAG GELAR FOCUS GROUP DISCUSSION ROAD MAP PENGEMBANGAN AKSES PEMASARAN BAGI UMKM

 

 

 

Pada tanggal 20 Mei 2021 dilaksanakan Focus Group Discussion (FGD) tentang  Road Map Pengembangan Akses Pemasaran bagi UMKM dan Rancangan Surat Edaran Bupati tentang Gerakan Bela Beli Produk UMKM Lokal.

Focus Group Discussion (FGD) ini  dimaksudkan untuk mendapatkan masukan dan saran dari para stake holder juga sebagai sosialisasi awal sehingga  Road Map dan Surat Edaran Bupati tentang Gerakan Bela Beli Produk UMKM Lokal menjadi sempurna. Focus Group Discussion (FGD) di hadiri oleh dinas/ instansi terkait dan organisasi kemasyarakatan antara lain :

  1. Bappeda
  2. Dinas Koperasi dan UM
  3. Dinas Pertanian
  4. Dinas Perikanan
  5. Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga
  6. Bagian Perekonomian
  7. Bagian Hukum
  8. Bagian Pengadaan Barang dan Jasa
  9. DEKRANASDA
  10. Tim Penggerak PKK Kabupaten
  11. HIPMI
  12. IWAPI
  13. KADIN
  14. KNPI
  15. Karang Taruna Kabupaten
  16. Perwakilan UMKM Pacitan

Hasil dari Focus Group Discussion (FGD) menjadi masukan bagi rancangan Surat Edaran Bupati dan perbaikan Roadmap.

Focus Group Discussion (FGD) juga dihadiri langsung oleh Ibu Bupati Pacitan yang sekaligus sebagai Ketua Dekranasda Kabupaten Pacitan dan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten. Hal ini membuktikan bahwa dukungan pimpinan terhadap gerakan ini sangat kuat dan menjadi semangat tersendiri bagi stake holder terkait terutama pelaku UMKM lokal.

Road Map Pengembangan Akses Pemasaran bagi UMKM  ini berisikan rangkaian program dan kegiatan  untuk menjawab permasalahan saat ini, usaha mikro, kecil, menengah (UMKM) banyak mengalami kesulitan dalam  mengakses pasar sehingga pendapatan UMKM menurun.

Manfaat  internal dengan adanya Road Map adalah adanya panduan bagi Dinas untuk pengembangan akses pemasaran bagi UMKM dalam rangka meningkatkan tercapainya visi dan misi Bupati Pacitan yaitu Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi melalui Sektor Agraris, Sektor Pariwisata, serta Sektor Unggulan Lainnya.

Manfaat eksternal tentunya diharapkan dengan berjalannya program dan kegiatan dalam Roadmap dapat meningkatkan omset UMKM menuju UMKM Naik Kelas Go Ekspor, Meningkatkan kepercayaan publik kepada Pemerintah Kabupaten Pacitan, Memperkokoh kerjasama antara Pemerintah Kabupaten dengan swasta, Meningkatkan pertumbuhan ekonomi lokal dalam rangkakesejahteraan masyarakat sesuai Motto Bupati Pacitan ‘ UTAMAKAN RAKYAT”.