11 Mei 2021

DINAS PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN

Pemerintah Kabupaten Pacitan

GIAT SIDANG TERA/ TERA ULANG UTTP TAHUN 2021

 

Bidang Perlindungan Konsumen Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Pacitan kembali melaksanakan Pelayanan  Sidang Tera/ Tera Ulang UTTP  Tahun 2021 di Kabupaten Pacitan. Sidang Tera/ Tera Ulang UTTP ini telah memasuki pelayanan hari ketiga, di mana telah dilaksanakan Sidang Tera/ Tera Ulang UTTP hari pertama pada hari Sabtu, 3 April 2021 di Kecamatan Tegalombo. Disusul Pelayanan Sidang Tera/ Tera Ulang UTTP di Kecamatan Arjosari dan Kecamatan Pacitan.

 

Pelaksanaan Sidang Tera/ Tera Ulang UTTP di Kecamatan Pacitan diselenggarakan di Pasar Minulyo (Senin, 5 April 2021) diikuti oleh para pedagang pemilik timbangan. Tera dan Tera Ulang UTTP dilaksanakan sebagai salah satu wujud perlindungan terhadap  konsumen untuk mencegah terjadinya selisih takaran dalam bertransaksi menggunakan alat timbang, ukur dan takar.

 

 

Alat timbang, ukur dan takar yang digunakan untuk berniaga wajib ditera ulang secara berkala oleh pihak berwenang sesuai dengan amanat Undang-Undang No. 2 Tahun 1981 tentang Metrologi Legal. Oleh karena itu Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Pacitan pun berkomitmen untuk melaksanakan Sidang Tera/ Tera Ulang UTTP secara berkala setiap tahunnya agar konsumen terlindungi dan alat timbang, ukur serta takar dapat digunakan manfaatnya dengan optimal dan akurat.