11 Mei 2021

DINAS PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN

Pemerintah Kabupaten Pacitan

DISPERINDAG DAN STAKEHOLDERS IKUTI MUSRENBANG VIA ZOOM MEETING

 

Perencanaan pembangungan di Kabupaten Pacitan dilaksanakan melalui proses koordinasi  antar instansi pemerintah dan proses partisipasi seluruh pelaku pembangunan dalam suatu forum yang disebut dengan Musyarawah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang). Musyawarah Perencanaan Pembangunan tersebut selanjutnya akan digunakan sebagai acuan untuk perencanaan RKPD Tahun 2022.

Perencanaan pembangunan dilakukan melalui pendekatan partisipatif dengan melibatkan berbagai stakeholder atau  pemangku kepentingan dan pendekatan top down dan bottom up melalui penyelarasan usulan program / kegiatan dimulai dari tingkat kecamatan hingga kabupaten sebagai dasar penyusunan Rancangan RKPD yang memuat berbagai kebijakan, program / kegiatan serta pendanaan pada APBD Daerah.

Tema yang diangkat dalam Musrenbang kali ini adalah “Pertumbuhan Ekonomi dan Penangangan Kemiskinan¬† Melalui Pengembangan Pariwisata yang Didukung Sektor Unggulan.” Adapun mekanisme penyelenggaraan Musrenbang di masa pandemi ini adalah dilaksanakan dengan daring melalui Zoom Meeting. Zoom Meeting Musrenbang tersebut dilaksanakan di masing-masing kantor OPD dengan mengundang sejumlah pemangku kepentingan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

 

Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Pacitan bersama stakeholder yang meliputi IKM, Kadin, SPBU, dan pengelola pasar mengikuti Musrenbang via Zoom Meeting di ruang rapat Disperindag (Rabu, 24 Maret 2021).

Musrenbang tersebut diikuti dari awal pembukaan hingga berlangsungnya keseluruhan acara sesuai dengan petunjuk jadwal yang diberikan dari Sekretariat Daerah.