11 Mei 2021

DINAS PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN

Pemerintah Kabupaten Pacitan

PELATIHAN PENGISIAN E-KINERJA PEGAWAI 2021 DI DISPERINDAG

Teknologi yang saat ini berkembang di dunia global dapat memberikan berbagai macam solusi di berbagai sektor. Dengan  teknologi, informasi dapat diakses oleh masyarakat dengan mudah dan cepat. Tidak terkecuali sektor pemerintah dan swasta juga harus beradaptasi dengan teknologi yang ada untuk memperbaiki kinerja serta memanfaatkannya untuk mencapai reformasi birokrasi. P

Untuk meningkatkan etos kerja dan mendisiplinkan pegawai, pemerintah lantas menerapkan inovasi di bidang kepegawaian dengan memanfaatkan teknologi yang disebut dengan E-kinerja Pegawai. Tidak terkecuali Pemerintah Daerah Kabupaten Pacitan, yang mulai pada tahun 2020 menerapkan Aplikasi E-kinerja Pegawai (e-kin) yang dikelola langsung oleh Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah Kabupaten Pacitan.

Pengisian E-kinerja dilakukan oleh masing-masing Aparatur Sipil Negara dengan cara menginput aktivitas harian yang terkait dengan tugas pokok dan fungsi sebagai Aparatur Sipil Negara di Organisasi Perangkat Daerah masing-masing. Untuk pengisian E-kin tahun 2021, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Pacitan menyelenggarakan pelatihan dengan narasumber Bapak RULY DWI ANGSONO BUDIARTO, S.Kom, Kepala Sub Bagian Program, Evaluasi dan Pelaporan dari Badan Kepegawaian Pendidikan, Pelatihan Daerah Kabupaten Pacitan yang menangani aplikasi E-kin pada hari Kamis, 25 Februari 2021.

Pelatihan tersebut dilaksanakan agar Aparatur Sipil Negara sebagai user aplikasi E-kin dapat memahami dan melaksanakan perubahan-perubahan yang harus dilakukan untuk menggunakan aplikasi tersebut di Tahun 2021. Perubahan-perubahan yang terjadi di aplikasi tersebut antara lain penentuan TMT Kontrak SKP Tahun 2020 dan Tahun 2021, Penambahan Foto Aktivitas di Aktivitas Harian serta Impor File Excel Kontrak Kerja Tahun 2021.

Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah Kabupaten Pacitan juga memberikan solusi untuk penambahan aktivitas harian yang diperlukan untuk OPD.

“Jika selama ini ada kesulitan dalam pencocokan Urtujab dengan Aktivitas Harian bisa mengusulkan Penambahan Aktivitas Harian OPD¬† kepada BKPPD. Nanti kami tambahkan ke aplikasi.”